Investasi atau Spekulasi? Membeli saham harus paham perbedaannya!

Hi Sobat Investor,

Minggu lalu kita semua dikejutkan oleh berita adanya korban bunuh diri yang diduga karena depresi akibat saham. Tentu berita ini cukup ironis ya ditengah maraknya dunia pasar modal kita selama masa pandemi covid 19 ini. Semoga kita semua baik baik ya, tidak sampai mengalami depresi karena saham.

Penulis ingin memberikan pemahaman mengenai membeli dan menjual sebuah saham yang baik di pasar modal kita. Seperti kita ketahui bersama saat saat ini kita tidak asing jika mendengar kata investasi saham., tapi apakah investasi itu benar benar menggunakan filosofi dan psikologi investasi yang benar?….Atau jangan jangan kita sedang berspekulasi?

Loh beda ya antara spekulasi dan investasi? Tentu sangat berbeda jauh sekali.

“An investment operation is one which, upon thorough analysis, promises safety of principal and a satisfactory return. Operations not meeting these requirements are speculative.” – Benjamin Graham

Jika kita merujuk pada pendapat Benjamin Graham sangat jelas ya perbedaan investasi dan spekulasi adalah terletak pada Analisis, Imbal Hasil yang memuaskan, dan Keamanan nilai investasi Jika tidak dapat memenuhi ketiga nilai tersebut bisa dikatakan adalah spekulasi.

Secara lebih sederhana menurut penulis perbedaan mendasar investasi dan spekulasi adalah terletak pada Mindset dan Dasar Keputusan Investasinya:

1. Investasi selalu didasarkan pada mindset membeli saham adalah membeli kepemilikan bisnis/perusahaan, bukan sekedar membeli 4 kode emiten saja.

2. Sedangkan dasar setiap keputusan investasi berdasarkan hasil riset atau analisa yang mendalam mengenai bisnis atau perusahaan dari saham yang akan dibelinya.

Jika membeli saham tanpa didasarkan oleh 2 hal ini bisa dikatakan kita sedang berspekulasi dalam membeli saham, bukan berinvestasi!

Mindset investasi saham yang benar sangat penting sebelum kita memutuskan untuk memulai membeli saham.

Investasi Saham itu instrumen investasi jangka panjang, bukti kepemilikan perusahaan, dan bukan instrumen investasi yang membuat cepat kaya.

Ketika kita sudah memiliki pemahaman yang benar, maka setiap keputusan dan setiap usaha kita dalam investasi juga menjadi benar dan sesuai kaidah investasi saham yang baik.

Yuk kita berinvestasi saham yang baik dan benar.

 

Simak Investasi Saham paling Aman dan Menguntungkan.

Value Investing: Investasi Saham Paling Aman dan Menguntungkan

 

 

Happy Value Investing

Jakarta, Mar 29 2021



error: Content is protected !!